Forum Atau ‘Ajang Curhat’

Sudah barang tentu Railfans adalah penegak dan pemberi contoh dalam menerapkan berkereta api yang baik dan benar,menjaga fasilitas baik sarana dan prasarana,serta menjaga keutuhan silaturahmi diantara para pengguna komuter maupun pecinta Kereta Api yang lainnya. Sebuah hal yang kontras terjadi saat saya membuka Facebook saya dan memasuki Forum Railfans.

Mengapa tidak saya miris melihat kelakuan teman-teman saya yang begitu ‘agak brutal’ dalam berbicara di jejaring sosial tersebut. Barangkali kalo sepantaran kita boleh kita berbicara dengan bahasa gaul kasar namun tetap sopan,tapi ini lain jadi halnya. Semua permasalahan pribadi malah disangkutpautkan dengan masalah forum yang memang tidak ada kaitannya dengan masalah forum. Ini menjadi sebuah ‘pencemaran’ sendiri dijadikan bahan debat kasar didalam forum. Saya kira kita harus introspeksi dan merenung kembali sebelum kita mem-post-kan apa yang ingin kita bicarakan didalam forum bukan menjadi ajang penarikan massa buat menyelesaikan masalah pribadi.

Sebuah forum dibentuk untuk menjadi wadah silaturahmi dalam hal hobi maupun yang lainnya. Membicarakan masalah yang memang menjadi garis besar dalam forum dan juga menjalin silaturahmi antar-anggotanya. Sebuah permasalahan pribadi jika disangkutkan dengan forum sama saja ‘ajang curhat’.

Inilah yang mungkin miris dalam Forum yang saya ikuti di Facebook. Seharusnya sebuah forum menjadi sebuah sharing apa yang mereka ingin utarakan mengenai apa yang sudah jadi tujuan Forum ternyata dijadikan yang dijelaskan diatas.

Semoga saja wadah forum tidak lagi tercemar oleh sangkut paut masalah pribadi maupun dijadikan ajang balas dendam pula terhadap satu individu yang bersangkutan.

Saya juga menyampaikan kepada teman-teman di forum Railfans,agar tetap menjaga kesatuan kita demi tujuan kita untuk memajukan kereta api dan mensosialisasikan Kereta Api sebagaimana mestinya. Kita tidak boleh terpancing oleh satu pihak yang sudah tentu ingin memecah para anggota forum kita. Tidak baik seorang RF berbicara kasar pada anggota RF lain,itu sama saja mencemari nama baik saja. Orang lain akan membicarakan dan menjudge kita dengan “ngurus diri sendiri aja gak bisa gimana ngasih contoh ke masyarakat”. sebaiknya kembali kita berintrospeksi diri,kita adalah satu kesatuan sekali lagi.

2 pemikiran pada “Forum Atau ‘Ajang Curhat’

  1. Saya rasa harus ada kesadaran untuk mengembalikan fungsi dan manfaat sebuah forum RF untuk menjadi ajang silahturahmi dan sharing ilmu…Bukan jadi ajang main hakim dan nongkrong ga karuan yg pastinya ga produktif…

    • nah itu jadikan forum sebagai pemersatu dan ‘wadah’ untuk berkumpulnya banyak orang yang punya satu kecintaan dan kita cinta kereta api. jadi RF pun harus punya analisa dan solusi yang tepat,sehingga RF jangan hanya dijadikan ajang yaaah mengumbar aib orang lah kan gak baik juga hehehheeh. ya saya cuma ngasih komen aja,kalo kurang berkenan mohon maaf🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s