Hal Yang Diperhatikan Dalam Belajar

Dalam keseharian (bila masih sekolah) kita selalu belajar bila ada waktu senggang,ingin ujia,dan lain sebagainya. Belajar adalah metode ampuh dalam menyerap ilmu yang ingin kita dapat dan diperdalam. Tanpa Belajar,mustahil seseorang berhasil menguasai sebuah bidang yang ingin digelutinya.

Akan tetapi,kita mungkin melupakan satu hal yang penting dalam belajar tersebut. Terkadang hal kecil selalu dilupakan dalam kegiatan belajar baik secara formal seperti di sekolah maupun secara Otodidak (belajar di rumah). Banyak orang Belajar tapi semua yang ia serap hilang semua akibat melupakan hal kecil. Kecil-kecil cabe rawit bila kita peribahasakan.

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan bila kita ingin belajar secara efektif bila kita ingin belajar sendiri alias otodidak :

  • Perhatikan Posisi duduk anda. Posisi duduk mungkin selama ini diabaikan dalam Belajar,padahal posisi duduk adalah hal yang penting dan harus diperhatikan. Dalam buku ‘7 Kinds To Smart’,dibuktikan bila sebagian pelajar sulit mengerjakan soal matematika akibat posisi duduk yang salah. Ini diakibatkan Peredaran Darah menuju otak terhambat akibat melengkungnya tulang punggung.
  • Berdo’alah dengan khusyuk. Berdo’a kepada tuhan adalah hal yang sangat penting sebelum memulai pembelajaran. Dalam hal ini kita memastika hati kita dijernihkan saat kita memulai pembelajaran,sehingga kita bisa Fokus kepada pelajaran dan menjadi optimi untuk lebih belajar dengan fokus namun santai.
  • Nah ini yang harus diperhatikan,cara kita belajar berbeda bagi setiap orang,ada yang mengandalkan pendengaran (auditori),melihat (visual),maupun Kinestetik . Usahakan untuk memperhatikan salah satu dari 3 cara diatas,agar proses belajar bisa lebih efektif dan ilmu terserap dengan baik.
  • Perhatikan jarak membaca bila anda membaca buku,ini agar semua bacaan yang kita lihat bisa terjangkau tanpa kita menoleh dan menggerakkan kepala. menurut penelitian membaca dengan menggerakkan atau menoleh kepala tidak efektif dalam belajar,sehingga bersifat mengganggu.
  • Usahakan meringkas maupun mencatat. Ini agar bila kita mempelajari yang bersangkutan tidak usah kita menggali kemana-mana,cukup melihat ringkasan dari apa yang kita pelajari dari mencatat. ini adalah hal yang sangat penting untuk menghemat waktu serta bisa mengambil Intisari yang ingin kita dapatkan.
  • Jika diperlukan,kita bisa mendengarkan lagu pada saat belajar,ini demi kenyamanan juga perlu bila diantara kita ada yang memiliki kecerdasan musikal,sehingga dapat mengencerkan dan memfokuskan otak,dan pikiran menjadi rileks.
  • Sebelum mengakhiri belajar,lebih ‘Afdol’ me-review kembali apa yang telah kita pelajari agar memperkuat ingatan dan pemahaman kita. setelah itu buat kesimpulan dari apa yang kita pelajari.
  • Akhiri belajar dengan berdo’a agar apa yang kita pelajari bisa kita pertahankan,dan diterapkan agar menjadi berkah bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Hal-hal diatas mungkin sering kita lupakan atau bahkan tidak mengetahui sama sekali. Padahal apa yang ‘terpampang’ diatas adalah hal yang harus diperhatika baik sebelum,saat,maupun sesudah kita Belajar.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan. semoga bermanfaat dalam belajar anda🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s