Cerita Pertama Jadi Railfans

hahahaha,mungkin gua ada adalah korban karma dari apa yang pernah gua ucapin ke temen gua waktu SMP yaitu Bima.

Pertama kali gua jadi Railfans awalnya gua gak kenal dengan apa itu pecinta Kereta Api. Menurut gua waktu itu yaaaa,buat apa sih mencintai kereta api itu,kayak gak ada kerjaan aja. Waktu sejak SMP mungkin kelas 2,rasa cinta untuk menyukai moda transportasi yang ‘panjang-panjang’ ini semakin tumbuh,terutama waktu itu gua sekelas sama 2 orang pecinta kereta api,yaitulah,Bima dan Arie. gua waktu itu ah masa bodo lah dengan hobi mereka. persepsi gua waktu itu tergolong aneh kepada temen gua yang mencintai (atau lebih tepatnya menyukai) kereta api.

selain itu,gua juga pertama kali cinta KA mungkin akibat gua bilang ke bima ‘nyembah wae sih sia !!’. hahahahaa gua kadang suka ketawa sendiri nginget kata-kata gua yang sekarang dibayar dengan karma yang menyenangkan ini.

pertama,mungkin gua mulai tertarik yang baca-baca majalah kereta api (you knowlah MKA). mulai tertarik sama kayak gituan pas gua liat lokomotif uap karena emang gua suka yang berbau sejarah dan sedikit ada teknik gitu. baca-baca gua tertarik deh dengan namanya fotografi Kereta api (gua singkat aja FotoKrapi). Hunting gitu ternyata sangat enak banget menurut gua,sebagai terapi juga terhadap dulu gua sebagai Trainophobia,yaaa mungkin gara-garanya gua sering dicekokin bokap nyokap sama tabrakan kereta lah dan sebagainya yang berbau negatif kereta api (memang mereka licik).

akhirnya,gua mulai tertarik deh menjadi seorang Railfans,menurut gua railfans itu adalah pengayom masyarakat untuk mencintai moda transport ini. memelihara serta meningkatkan transport ini dari keterpurukan persepsi negatif masyarakat mungkin adalah tujuan awal para RF.

tapi yang berkesan pertama kali menjadi Railfans,saat itu November 2008,gua dapet info dari koran Radar Bogor. waktu itu pagi,dan ternyata ada testrun pengoperasian KRD baru menuju sukabumi (sekarang jadi KRD Bumi Geulis namanya). mulai tertarik deh buat ikut ini testrun. gua kontek deh temen-temen gua si Bima dan Arie.

dari sini lah gua mulai makin erat menjadi seorang Railfans. Gak percuma menjadi seorang pecinta KA. andaikan KA tak dijadikan anak tiri dalam transport negara ini,mungkin kejayaan saat hindia belanda pasti terulang kembali hari ini juga. itu yang gua flashback saat testrun sukabumi dimulai. pemandangan yang indah sepanjang Bogor-Sukabumi ini membuat mata menjadi segar kembali. Andai peraturan dari PT KA dan UU tentang perkeretaapian dipatuhi minimal 75 persennya,mungkin muka kereta api kita tak separah ini,dalam pikiran gua.

Semakin tertarik lagi saat gua melihat segala yang berbau sejarah Kereta api. membuat gua makin tertarik sama kereta api. belajar dari sejarah masa lalu,dengan segala fasilitas,managemen,keuangan,jadwal,dan segala peraturan menurut gua adalah patut dan wajib untuk dipelajari lebih dalam semi kereta api masa depan. Teknologi menurut gua dikesampingkan,yang penting semua yang gua sebutin diatas rapi.

ya gua kembali mengenang masa itu sebagai hari-hari sejarah gua dimasa awal menjad railfans. dengan segala keterbatasan,gua menjadi RF mungkin agak pas-pasan yang gak bisa bebas untuk sesuka hati kemanapun. apalagi di hari ini,gua udah SMA,sudah tidak sebebas dulu yang pernah gua nikmatin. tapi gua tetap menjadi Railfans,meski dengan segala kekurangan dari diri gua.

kenangan hanya kenangan tapi kenangan yang indah akan selalu terkenang hingga kita meninggalkan dunia kita ini. semoga aja dalam harapan ini,Railfans bisa lebih bersatu lagi,mencapai sebuah satu tujuan,menjadikan Kereta Api Transportasi yang unggul dan efisien serta mengangkat dari segara keterpurukan persepsi negatif masyarakat.

7 pemikiran pada “Cerita Pertama Jadi Railfans

    • railfans itu hobi, lu suka kereta api sah-sah saja. kalo cara jadi railfans, ya menurut gua bukan pertanyaan yang tepat, karena itu hobi, itu kecenderungan lu dan apa emang lu suka kereta. gitu sih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s