Mari Kita ‘Bersejarah’

Dalam kehidupan kita sudah tentu mengenal sejarah. Tidak ada orang di dunia ini yang tidak tahu Ilmu sejarah. Sejarah merupakan Ilmu untuk tonggak mempelajari masa lalu demi sebuah perbaikan di masa depan. Soekarno pernah berpidato dengan lantang “Jangan pernah sekalipun kalian melupakan sejarah”. Ini menunjukkan begitu dahsyatnya sejarah dalam kehidupan kita. Sejarah juga sama dengan fisika,matematika,biologi. Tapi yang perlu diingat,sejarah adalah sebuah ilmu tersendiri meski semua ilmu saling berkait (ini karena terpecahnya Ilmu dengan filsafat,sehingga terjadi perpecahan sedemikian rupa dalam Ilmu dan Filsafat secara berlanjut hingga bagian paling kecil).

Namun yang sangat disayangkan,untuk dewasa ini seakan ilmu sejarah begitu sangat ditinggalkan di negeri ini. dominan masyarakat menilai sejarah adalah sebuah ilmu yang membosankan,ribet,penuh hapalan dengan angka tanggal bulan tahun yang rumit,serta lain sebagainya sehingga ilmu ini banyak ditinggalkan. Padahal di negara-negara maju seperti Amerika serikat,sejarah begitu dijungjung tinggi hingga akhirnya negara itu sukses dalam menggali kembali sebuah peradaban yang dinilai megah dan maju di zamannya.

akhirnya negeri ini yang menjadi terpuruk. akibat dilupakannya sejarah,negeri ini kembali kepada sebuah lubang kegelapan yang dulu pernah di tutoleh kegemilangan sejarah masa lalu. seakan mereka tutup mata dengan apa yang telah terjadi dimasa lalu dan tak mau belajar darinya. sudah banyak negeri ini dibodohi oleh penguasa akibat pembodohan sejarah demi sebuah kelanggengan rezim. selain itu dijadikan sebuah operasi demi menutupi apa yang sebenarnya terjadi saat itu sebagai sebuah mitos dan hanya sebagai isu isapan jempol belaka.

maka dari itu,mulailah dari sekarang adanya sebuah kesadaran dimana sejarah menjadi sebuah tonggak penting dalam berdirinya negeri ini maupun kehidupan kita sehari-hari. setiap detik yang kita lalui adalah goresan panjang Sejarah. Sejarah bukan diukur dari sebuah hapalan yang rumit serta sebagai sebuah ilmu yang membosankan,tapi ilmu yang patut untuk dipahami dan diambil intisari sejarah yang dikandung tersebut,menjadikan sebuah sejarah menjadi penunjuk jalan menuju masa lalu yang patut untuk dipelajari dan dipahami.

kita tidak usah pusing dan menghindari sejarah lagi hari ini hingga seterusnya. sejarah bukan ilmu yang hanya mengandalkan hapalan,terawang masa lalu seperti ahli sihir dan nujum,dan bukan orang yang tak ada kerjaan yang mementingkan masa lalu. Kesenangan dari sejarah bila kita memahami akan menjadi sebuah inspirasi dan bayangan menuju masa lalu,seakan kita merasa kembali ke zaman itu dengan bayangan dan imajinasi kita.

mulailah dari sekarang untuk membalance,tidak boleh kita mementingkan masa depan saja tanpa kita melihat ke masa lampau. mungkin kita akan mendapat sebuah solusi untuk masa depan yang lebih baik dan menghindari kesalahan yang kedua. so,jangan takut belajar sejarah,karena yang terpenting ‘kita lebih mementingkan pemahaman,bukan demi penghapalan semata.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s