Galauan Siswa Tingkat Akhir

Mungkin ini yang dialami sebagian Siswa yang sudah menempuh ‘akhir-akhir zaman’ sebelum meluncur ke jenjang yang lebih tinggi lagi,Perguruan Tinggi. Yup,benar,sebentar lagi gua udah diambang pintu kelulusan,tapi harus menghadapi momok yang menakutkan,yaitu : UN. Kenapa harus ada UN ??

Sebagian remaja jika mendengar hal ini mungkin akan panas dingin,meriang,gila sendiri,ayan,epilepsi (kayaknya terlalu lebay juga). Intinya pasti mengalami kegalauan yang gak biasa,apalagi kalo udah lulus,masih ada yang lebih ‘ngejreng’ yaitu : SNMPTN.

Naas untuk menjadi gua sendiri. Gua sendiri juga rada menyesal apalagi di kelas 11 alias kelas 2 SMA. Ah masa suram itu begitu kelam daripada apa yang gua rasain selama ini. Semua pelajaran yang gua pelajari selama itu gak pernah masuk ke otak gua. Bahkan gua aja lupa siapa yang jadi guru buat pelajaran itu. Saking stress dan pengen ngelupain yang namanya masa-masa suram di kelas 2 itu.

Secara teori dan memang selalu kenyataan,UN itu selalu 40 persen adalah pelajaran kelas 2 (dan gua gak menguasai pelajaran kelas 2 yang tercantum itu). Bener-bener dilemma banget menjadi diri gua.

Tapi gua merasa harus ada taktik buat menyusul pelajaran-pelajaran kelas 2 yang ketinggalan abis. Dan ironisnya semua itu adalah hitungan matematis dan bersifat sains dan alam (makin ngucur aja keringat gua).

Kadang gua juga sering nyalahin diri gua sendiri,”Kenapa gak dari kemaren gua pindah ke kelas IPS dari semester 1 kelas 2 ??”. Terngiang abis kata itu didalam pikiran gua dan selalu jadi sebuah beban tersendiri bagi gua.

Cacat abis kalo gua bayangin saat kelas 2 itu. Seakan gua pengen posisi lilin aja didepan orang kalo gua ngebayangin masa itu.

Gua selalu berdo’a kelas 3 ini membawa harapan keseriusan gua untuk mengejar ketertinggalan gua dengan pelajaran-pelajaran kelas 2,dan harus intens ke IPA (meski gua tar kuliah bakal ngambil Sejarah yag gak lain Jurusan IPS). Gak penting juga serobot-serobot menurut gua,yang penting adalah kesungguhan seseorang jika emang udah minat dan jatuh cinta pada sesuatu,pasti bakal melakukan apa aja asalkan bisa mendapatkan hal yang dicintai itu.

Ah yang kayak gini yang bikin gua galau. Gimana  tar pas kuliah ?? Pasti gakkan ada yang peduli sama masalah gua,apalagi dengan kuliah gua. Gua diceritain sama kakak kelas gua yang sekarang udah kuliah di Jawa Timur kalo “Masa SMA itu lebih menyenangkan,masa Kuliah adalah Nangis darah tapi gakkan ada yang merhatiin,saking kerasnya kuliah”.

Hening

Waw,begitu kerasnya kehidupan kuliah. Bahkan SMA itu masih tergolong ringan !! Bisa jadi apa gua kalo udah lulus dan gua kuliah hanya buang-buang duit ?? Galau abis !!!

Oke masalah yang gua hadapi saat ini adalah : Ketertinggalan pelajaran kelas 2 sampai 90%,UN,dan Rencana SNMPTN.

Tapi masa saat gua udah kuliah mungkin bakal jadi : Tugas yang gak kelar,Dosen Killer yang siap ngegigit gua melebihi anjing sangar,diburu dosen udah kayak nyari babi dan gua berteriak bahasa babi “jangan tembak gua dengan tugas dan nilai loe”,Ujian tengah dan akhir semester,dan mungkin yang lebih parah adalah bakal menetap di semester itu dan menjadi mahasiswa abadi (naudzubillah jangan sampe deeeh).

Buat yang baca tulisan ini,gua mengharapkan agar temen-temen bisa menghargai kerja keras kalian. Jangan pernah mendengar ocehan orang-orang ‘bawah’ yang loe sendiri sedang dalam masa tahap ‘naik’ sebuah tangga menuju ke ‘atas’. Tujulah ‘atas’ kalian dengan usaha loe,kerja keras loe,dan jangan pernah putus asa. Mungkin aja yang loe naikin itu adalah tangga yang berduri,penuh dengan oli yang sangat licin,dan bahkan penuh dengan suka maupun duka. Tapi setidaknya,kehidupan ini tergantung Tuhan,tapi Tuhan Maha Melihat kepada hambaNya,siapa yang usaha,pasti akan dapet untung,meskipun hasilnya gagal. Karena emang Tuhan Maha Adil dan selalu punya Rahasia yang mungkin membuat kita surprise yang tak tertandingi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s