Solidaritas dan Sportivitas

Oke gua tulis judul ini karena emang gua lagi nonton bola di sudut ruangan Tata Usaha. wih gau seneng banget sama timnas Indonesia yang On Fire membombardir Kamboja dalam laga SEA Games. Gua kadang selalu pesimis sama apa yang bakal terjadi setelahnya. gua selalu pesimis : Indonesia Bakal Kalah. kenapa gua selalu memandang kayak gitu ??

pertama gua merasa indonesia selalu terpuruk dalm turnamen-turnamen lain yang berbau sepak bola. ah gua disitu aja udah ngerasa bener-bener pesimis. pandangan gua memang selalu gitu. entah emang gua memandang satu hal atau emang cuma intuisi buruk gua.

kedua,gonjang-ganjing di PSSI. gua aja mandang kesini makin memperkuat pendirian gua dulu kalo sepak bola indonesia bakal berakhir. ini yang gua kesel sebenernya. ikut campur pemerintah dan politisasi PSSI yang bikin gua gedek. makin memperparah permasalahan. lebih parah lagi,isu mafia sepak bola dalam PSSI makin memperburuk citra PSSI. ah gua bener-bener gedek.

ketiga,ulah suporter sendiri. disini yang paling gua sebel. ke fanatikan suporter terhadap salah satu klub sepak bola membuahkan satu pemikiran dan pemahaman tentang sepak bola yang sempit. dan setelah itu,keras kepala dan keegoisan kelompok suporter yang jadi biangnya perpecahan.

siapa sih yang gak gedek sama tawuran antar suporter ?

siapa sih yang gak sedih kalo sepak bola kita harus terhenti karena hal yang harusnya bisa diselesaikan secara tegas dan garang serta penuh tindakan ?

dan siapa sih yang gak kesel kalo sepak bola kita harus tercoreng oleh banyak kejadian memalukan kayak tawuran suporter,korupsi dalam PSSI,dan akhirnya penurunan kualitas pemain yang menimbulkan keresahan ?

Gua emang bukan siapa-siapa dalam kancah sepak bola. gua emang cuma seorang siswa culun yang gak ngerti apa-apa. tapi percuma kalo kagak ada tindakan bersama dalam mengatasi masalah diatas.

gua salut dengan persatuan suporter yang akhirnya timbul sebuah reformasi dalam tubuh PSSI. tapi ada yang lebih penting lagi. kita kudu punya perencanaan dan tindakan dengan jangka pendek maupun jangka panjang yang seimbang secara sistematis.

Persatuan suporter,solidaritas antar suporter. gua selalu mencitakan 2 hal tersebut. gua selalu ngebayangin,wah kayak enak yah punya suporter yang bersatu dan saling mempunyai solidaritas,toleransi. aaaah gua selalu ngebayangin kayak gitu.

tapi kadang keegoisan ini yang harus kita lawan. egois,yaitu nafsu diri kita. diri kita adalah musuh kita. itu yang harus kita kalahin. tanpa mengalahkan diri lu sendiri (termasuk gua sendiri),gakkan pernah bisa kita mengalahkan (menundukkan) orang lain.

selain itu,sportivitas suporter. wah ini yang selalu gua impikan. kapan yah ada kelompok suporter yang sportif dan kagak gontok-gontokan secara fisik di luar ? yap,gua selalu punya bayangan suporter kayak di liga inggris. ah,memanas tapi… wah pokoknya gua paling asik kalo ngomongin sportivitas dalam liga inggris.

kita kudu punya optimisme terhadap indonesia,tapi kita juga tak boleh merasa egois. gua selalu punya impian,lu juga punya. apa yang gua impikan mungkin juga yang lu impikan. kemajuan sepak bola gak hanya di pemain aja dengan pelatih,tapi juga oleh kita. optimis kita doa bagi mereka,semangat bagi mereka. sportivitas dan solidaritas,itulah yang kita butuhkan saat ini. entah kapan itu bakal terwujud,tapi gua optimis,Indonesia pasti bisa….

Tinggalkan Balasan

