Hip Hop Jawa dan Indonesia Kita

Gua disini nulis ini gua rasa ada rasa apresiasi yang hebat. Yap. Gua baru aja (atau mungkin udah lama,tapi gua baru tau sekarang) denger lagu dengan genre Hip-hop. Tapi ini beda menurut gua. Kenapa ? Hip hop yang ditawarkan adalah warna akar budaya jawa,kayak Serat,mantra jawa,campursari,gamelan jawa dan segala yang berbau jawa.

Awalnya gua lihat iklan Intel tentang prosesor terbaru mereka,I6. Disitu modelnya adalah sekelompok orang berpakaian hip-hop tapi pake batik,ditambah theme song-nya bener-bener jawa tapi dimodifikasi kayak lagu hip hop barat kayak biasanya.

Terkesan banget sama hal yang baru gua denger ini. Jarang gua denger lagu seperti ini. Telinga gua juga pas,telinga orang Indonesia.

Dan akhirnya inget lagi darimana lagu itu berasal. YOGYAKARTA HIP HOP FOUNDATION. Search di Google,akhirnya gua nemu blognya, http://www.hiphopdiningrat.com. wah gua buka dan ternyata banyak lagu-lagu hip hop yang bahkan ada yang full pake bahasa jawa.

Ini dia anggota JHF

Ini dia anggota JHF

Menurut gua,ini adalah kebangkitan seni Indonesia. dari blognya,kini hip hopnya telah meluncur hingga ke New York City. bener-bener sebuah kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. gua sendiri bener-bener tau sekarang.

Lagu-lagu yang disuguhkan dari webnya,temanya adalah sosial,toleransi dan kehidupan masyarakat sekarang. Bener-bener hebat,selain persilangan budaya dan pelestarian,juga dikomposisi buat kritik sosial. ada juga lagu yang gua denger puisi Wiji Thukul,Sastrawan Reformasi yang sekarang hilang akibat tragedi 1998.

disini kembali gua dapet rasa optimis bagi negeri kita. sebuah indonesia yang selalu kita hujat,pesimistis,gak banget,sekarang perlahan menuju sebuah pembangunan karakter Indonesia yang sebenarnya. keragaman budaya indonesia harusnya kita jadikan sebuah acuan untuk pembangunan seni yang lebih lanjut,bukan dibiarkan bagai debu sejarah.

Indonesia menurut gua sekarang memang banyak tertutupi hal-hal jelek. politik,kemiskinan,demokrasi yang inkonsisten. sekarang gua mengerti ini indonesia gua.

YAH INI INDONESIA GUA,INDONESIA KITA….

Tinggalkan Balasan

