Mengenang Guru Yang Tak Pernah Bertemu

Gambar

Pertama kali dengar nama Nurcholish Madjid,dulu adalah seorang yang masih samar bahkan masih terbilang awam untuk mendengar nama beliau. dulu pada saat saya masih kecil,di RCTI,bila di bulan ramadhan,selalu mengisi kultum menjelang berbuka puasa. yah,beliau yang selalu disapa akrab Cak Nur ternyata orang yang berbeda dari orang lain di Indonesia.

bisa dibilang,beliau masih belum saya kenal,bahkan terbilang apatis untuk memperhatikan ceramah beliau yang pada saat itu masih belum saya tangkap dengan benar,sehingga sering saya mengganti channel bila beliau ceramah kultum di stasiun TV RCTI (maklum saat itu saya masih terbilang masih kecil).

kalo tidak salah,pada saat beliau wafat pun,saya masih tidak tahu menahu apa yang beliau perbuat bagi Indonesia kita tercinta,dan apa kontribusi beliau bagi kehidupan beragama di Indonesia. yah,sekali lagi masih terbilang ‘polos’ pada saat itu.

hingga saya SMA,ternyata ‘hijab’ itu terbuka. saat itu saya masuk rohis. kebetulan dulu pemikiran beliau masih dibilang sangat kontroversi. banyak saja ternyata,yang menilai seorang Cak Nur adalah orang yang membela liberalisme,pembela keras sekularisme dan yang paling ‘frontal’ adalah menjelekkan beliau pada saat beliau wafat! ya,saya dulu begitu awam mengenal seorang Cak Nur.

dulu saya selalu banyak berdiskusi dengan teman saya yang sekarang mahasiswa UIN. entah,dulu kami sangat menentang beliau. sampai akhirnya pada saat teman saya lulus (saya ade kelas teman saya),terurai sudah bila seorang Cak Nur adalah seorang yang mencintai Islam bahkan bisa dibilang tak peduli dengan celaan orang disekitarnya.

hmmm,mengingat beliau saat itu adalah masih kosong dan gelap. pemikiran beliau masih terbilang belum saya tangkap.

pertama kali mengenal beliau dibuka dengan buku biografi beliau,Api Islam. dengan membaca biografi beliau,terlihat beliau memiliki pergumulan pemikiran yang sangat kompleks namun tetap dalam koridor Islam (baik dari Al Qur’an,Hadits dan Sunnah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam). membaca perjalanan hidup beliau ternyata membuat mata hati saya terbuka : Cak Nur tak seperti yang saya perkirakan.

beliau menentang fanatisme dalam sebuah paham. beliau terbuka dengan paham-paham lain,namun beliau tidak membela seperti yang dikatakan orang lain : pembela sekularisme,liberalisme dan apapun yang menyudutkan beliau. malah,beliau sangat menentang sekularisme. mungkin ini yang menjadi kontroversi pada saat beliau mengutarakan ‘pidato 3 januari 1970’ yang saat itu mengemukakan perlunya sekularisasi.

sekularisasi adalah ‘membumisasikan’ ajaran islam,secara ajaran adalah tetap,namun dalam pemahaman dan penafsiran adalah dinamis. mensakralkan sesuatu yang temporal ada perbuatan syirik,sehingga perlu di sekularisasi atau demitologisasi atau devaluasi radikal. memurnikan ajaran islam melalui sekularisasi,yah,karena itu membuktikan eksistensi Islam dalam kehidupan manusia di dunia (jangka pendek) sebagai tabungan kita di akhirat (jangka panjang).

pemahaman beliau juga masih saya ingat sekali dari buku Islam,Doktrin dan Peradaban dimana beliau sangat membela Islam sebagai agama umat manusia yang universal. hanya saja manusia itu perlu memahami dan berpikir keras agar eksistensi Islam bisa ‘dibumisasikan’.

pemikiran yang beliau sampaikan membuat saya lebih cinta kepada Al Qur’an,Hadits dan Sunnah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. mengenang beliau sebagai seorang guru yang belum pernah bertemu dan mengenal secara langsung. beliau adalah guru saya,mungkin jaraknya sangat jauh. karena beliau saya mengenal Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam dan juga para sahabatnya.

yang perlu kita butuhkan hanyalah bagaimana mengembangkan pemikiran beliau,membandingkan dan merumuskan pemikiran yang lebih baru. kita tak boleh merasa beliau sudah benar. mengembangkan sesuatu yang lebih baik untuk mencari kebaikan sebagai wujud cinta kita kepada kebenaran. semoga Allah senantiasa memberikan nikmat bagi seorang Nurcholish Madjid,sekontroversial apapun,beliau adalah guru saya,yang belum pernah saya temui sebelumnya….

Tinggalkan Balasan

